8 Kecerdasan Dasar Manusia

8 Kecerdasan Dasar Manusia, 8 Kecerdasan Dasar Manusia

8 Kecerdasan Dasar Manusia

Pada dasarnya semua manusia yang dilahirkan memiliki kecerdasan, akan tetapi kecerdasan yang mereka miliki tentunya berbeda-beda pula. Tuhan memberikan bakat yang berbeda-beda dengan tujuan agar semua anak manusia dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
Dewasa ini banyak orangtua yang menganggap anak yang cerdas adalah anak yang pintar matematika, fisika dan sebagainya. Sehingga banyak ditemui para orangtua yang memaksakan anaknya menuruti keinginannya tanpa melihat kecenderungan bakat anak. Akibatnya banyak anak yang bekerja bukan di bidang dan passionnya. Padahal perasaan cinta terhadap pekerjaan sangat penting untuk memperoleh kesuksesan di dalam pekerjaan.
Coba Anda amati dan kenali tokoh-tokoh dalam gambar di bawah ini, mereka adalah BJ Habibie sang teknokrat yang pernah menjabat sebagai presiden Republik Indonesia, Albert Einsten-Sang Ahli kimia, Agnes Monica penyanyi Indonesia sukses mendunia, Eden Hazard pemain Terbaik EPL 2014-2015 dan Sule seorang pelawak yang membuat banyak orang tertawa.

Menurut Anda, siapa yang paling jenius diantara mereka?
Setiap Kali pertanyaan itu dilemparkan, mungkin hampir setiap orang yang ditanyai menjawab bahwa Einsten dan Habibie lah yang paling jenius.
Jika jawaban Anda sama, maka silahkan pikirkan kembali.
Kira-kira siapakah yang paling banyak mencetak gol jika Albert Einsten bermain bola melawan Hazard?”
“Siapa yang menang jika Habibie ikut lomba lawak bersama Sule atau bertanding menyanyi atau tari modern bersama Agnes ”
Jadi mereka yang disebut di atas adalah orang-orang yang luar biasa, mereka semua sama-sama genius, genius di bidangnya masing-masing. Mereka semua mempunyai pencapaian karier yang luar biasa karena mereka berada di pekerjaan yang tepat. Tapi coba kita bayangkan mereka bertukar peran satu sama lain, apakah mereka masih menjadi luar biasa. Kemungkinan terbesar mereka biasa-biasa saja atau bahakan sangat ketinggalan dibandingkan orang lain yang bekerja di lingkungan baru tersebut.
Demikian juga dengan Anda, Anda diciptakan oleh Tuhan ke muka bumi dengan membawa bakat dasar yang berbeda-beda. Di zaman yang modern ini, teknologi telah membantu dan memungkinkan untuk dapat mengidentifikasi bakat anak, misalnya teknik finger print untuk mengetahui bakat secara genetika ataupun graphologi untuk mengetahui bakat dari tulisan. Tetapi jika belum dapat menggunakan alat-alat tersebut bakat ilmiah dapat digali dengan bertanya kedalam diri Anda melalui pertanyaan berikut :
1. Pada Bidang apa Anda merasa “paling berprestasi” dibanding bidang-bidang lainnya. Misalkan pada Anda sekolah, nilai mata pelajaran apa yang selalu lebih baik dari mata pelajaran lain.
2. Coba tanyakan kepada teman-teman Anda, hal apa yang “Anda dianggap pintar di mata mereka”.
3. Bidang apa yang Anda merasa lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Misal Anda melihat teman Anda mengerjakan sesuatu, Anda merasa Anda bisa mengerjakannya dengan lebih baik.
4. Hal apa yang Anda kerjakan Anda bahagia melakukannya dan Anda rasa mudah untuk mempelajarinya. Bahkan Anda terdorong untuk mempelajarinya lebih jauh. Anda bisa melakukannya autodidak dan bisa berkembang dengan sendirinya.Untuk menemukan bakat alamiah Anda jawablah pertanyaan di atas, bila perlu berulang kali.
Secara umum bakat alamiah (kecerdasan dasar) dapat dibagi delapan kelompok :
1. Analitis mathematical yaitu orang-orang yang memiliki logika dan kemampuan berhitung yang sangat baik. Mereka juga seorang analis yang kuat, cermat dan teliti. Pekerjaan yang sesuai : Finance, Akuntan, Insinyur, Analis, manajer dan pekerjaan-pekerjaan yang lain yang memerlukan ketelitian dan analisis yang mendalam.
2. Bodily Kinesthetic yaitu orang-orang yang memiliki kemampuan olah tubuh yang sangat baik. Pekerjaan yang sesuai : Atlet, Olahragawan, tentara, polisi, penari, pemadam kebakaran ataupun pemain sirkus serta bidang lainhya yang bekerja mengandalkan fisik.
3. Verbal linguistic yaitu orang-orang yang memiliki kemampuan bicara yang baik. Profesi yang sesuai : Penceramah, Dosen, Guru, Motivator, konsultan, Politikus, MC, Costumer service, wartawan dan profesi lainnya yang menuntut komunikasi verbal dalam bekerja lebih banyak.
4.Musical rithmic yaitu mereka yang memiliki kepekaan pendengaran, kepekaan nada dan irama yang baik, mereka akan maksimal jika bekerja di bidang seni suara, penata musik, pemain musik ataupun pencipta lagu.
5.Visual spatial yaitu mereka yang memiliki kemampuan menuangkan visualisasi di alam pikirannya ke kondisi nyata. Profesi yang sesuai : Arsitek, Fotografer, Pelukis, Designer, Desain Grafis, Sinematografi dan dunia akting.
6.Interpersonal/Self yaitu orang-orang tipe introvert, yaitu mereka yang kurang suka berada pada pekerjaan yang berhubungan dengan orang. Mereka sangat menikmati pekerjaan yang memerlukan sedikit interaksi dengan orang lain. Pekerjaan yang sesuai berkenaan yaitu yang berhubungan dengan penelitian, Engineer, Bengkel, Elektronik, Administrasi, Entri data dan pialang saham.
7. Interpersonal /Sosial yaitu mereka yang memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi, mereka akan sangat berprestasi dan bisa menikmati pekerjaannya jika mereka bekerja di bidang yang berhubungan dengan banyak orang. Mereka bahagia bila bertemu orang baru. Pekerjaan yang sesuai Publik relation, Sales and marketing, Guru, Pembicara Publik dan semua pekerjaan yang berhubungan dengan orang banyak lainnya.
8. Naturalist, Enviromentalist yaitu mereka yang optimal jika bekerja pada bidang yang berkenaan dengan lingkungan alam. Mereka tepat bekerja di bidang pertanian, perkebunan, penelitian alam, pertambangan, pelaut, pilot dan lain
Dengan mengenali bakat dasar Anda, maka pekerjaan yang Anda lakukan akan mencapai hasil maksimal. Mulai sekarang ubahlah mindset Anda, tidak ada di dunia ini orang bodoh, akan tetapi mereka tidak tahu bakat dasar mereka. Tidak ada manusia yang bodoh karena sejatinya Tuhan menciptakan manusia dengan bakat dan keunikan masing-masing.

  8 Kecerdasan Dasar Manusia,   8 Kecerdasan Dasar Manusia

Leave a Comment