Bahagia Dapat Dimulai Dari Gaya Hidup Sederhana

Terkadang kita selalu melihat orang dengan kehidupan yang serba berkecukupan atau berlebih justru paling bahagia. Padahal belum tentu mereka bahagia, bisa jadi mereka menyimpan rasa was-was di hatinya. Bahkan ada juga yang merasa sedih dengan kehidupan mereka. Walau Anda tidak memiliki harta berlebih, pasti akan mendapatkan kebahagiaan juga. Cobalah bahagia dengan gaya hidup sederhana.

pexels-photo-5441171

Bagaimana caranya bahagia dengan gaya hidup sederhana? Sangat mudah. Anda hanya perlu mencoba mengubah pola hidup seperti biasanya. Misalnya, setiap hari atau setiap minggu Anda makan di tempat mewah dengan menu yang mahal. Nah, Anda dapat mencoba makan di tempat biasa seperti kantin kantor atau warung makan biasa. Setelah itu, cobalah mengurangi makan di luar setiap minggunya. Kebiasaan seperti ini juga dapat berpengaruh dengan hormon bahagia seseorang.

Jika Anda sudah terbiasa melakukan hal seperti itu, maka akan dengan mudah merasakan ketenangan dalam hidup. Ada juga trik yang ampuh untuk merasakan kebahagiaan. Cobalah puasa menggunakan media sosial. Sebab tanpa disadari media sosial dapat mengurangi hormon kebahagiaan seseorang. Bahkan justru lebih banyak memiliki sifat membanding-bandingkan kebahagiaan orang lain dengan kebahagiaan Anda. Cobalah sehari atau dua hari tidak membuka media sosial dan rasakan apa yang terjadi. Jika ingin lebih tenang dan bahagia lagi Anda dapat mencoba dengan menonaktifkan data selular atau jaringan internet. Sebagai gantinya anda bisa lebih rajin bersosialisasi dengan teman-teman sekomunitas. Misalnya dengan aktif di https://gkdi.org/. \

Sebab, dengan begitu Anda akan lebih mudah melihat dunia sekitar. Sekalipun itu berada di kendaraan umum. Selama ini lingkungan sekitar tidak ada rasa toleransi terhadap pengguna jalan bahkan pengguna kendaraan umum. Anda juga dapat lebih sering berinteraksi dengan orang lain yang mungkin selama ini mereka tidak enak menyapa Anda yang sedang asyik dengan ponsel. Bahkan kejadian seperti ini sering terjadi antara teman kantor bahkan keluarga. Kehidupan yang sederhana seperti ini cenderung dapat memberikan kebahagiaan terhadap diri sendiri. Bahagia dapat melihat sekitar, bahagia tidak memiliki rasa was-was setiap kali pergi keluar rumah, dan bahagia dapat berbagi dengan sesama. Itulah mengapa bahagia dengan gaya hidup sederhana lebih dianjurkan daripada hidup berlebih namun tidak bahagia.

Leave a Comment