Qurban Unta, Sapi atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Saat hari raya Idul Adha sebentar lagi tiba seperti sekarang ini, ada banyak orang yang mulai cari hewan untuk diqurbankan. Ada yang mencari kambing, sapi bahkan unta. Sebenarnya, qurban unta, sapi ataupun kambing bahkan domba, mana sih yang lebih baik? Meski semuanya boleh digunakan untuk qurban, jelas ada perbedaannya, kan?

Fikih Kurban, Abu Mujahidah

Nah, bagi Anda yang bingung mana yang lebih baik, mungkin bisa baca artikel di bawah ini untuk menemukan jawabannya. Ini juga sangat berguna untuk Anda yang ingin beribadah qurban dengan hasil yang terbaik, kan? Meski ada perbedaan di beberapa madzhab imam besar Islam, setidaknya Anda bisa mengetahui perbedaannya di sini!

Kambing, Sapi Kemudian Unta

Pendapat pertama ada yang mengatakan urutan paling baik dalam pilihan hewan qurban itu dimulai dari kambing, diikuti dengan sapi dan terakhir unta. Pendapat ini dikemukakan oleh para ulama dari madzhab Al Maliki. Hal ini dikatakan demikian karena kambing dianggap memiliki daging paling bagus di antara ketiga jenis hewan yang biasa diqurbankan.

Pendapat para ulama ini diperkuat dengan perbuatan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik  dan Bukhari & Muslim yang memiliki arti ‘Nabi Shallallahu alaihi wasallam pernah berqurban dengan dua ekor kambing warna putih bulunya lebih dominan dari warna hitamnya dan bertanduk.

IMG_20150302_085210(FILEminimizer)

Beliau menyembelihnya dengan tangannya sendiri sembari mengucap bismillah dan juga takbir. Setelah itu, beliau meletakkan kakinya di atas tulang rusuk keduanya.’ Secara harfiah, hadis tersebut menjelaskan bahwa Rasullullah berqurban dengan kambing, bukan dengan sapi dan unta sehingga mereka menganggap qurban kambing lebih baik di antara keduanya.

Unta, Sapi Kemudian Kambing

Selain pendapat di atas, ada lagi pendapat bahwa unta lebih baik dibanding sapi dan kambing. Bisa dikatakan, pendapat ini kebalikan dari pendapat yang pertama. Pendapat ini dikeluarkan oleh madzhab Al Hanafi, As Syafii, dan Al Hanabi. Menurut mereka, unta dianggap lebih baik untuk hewan qurban karena punya daging yang lebih banyak disusul sapi dan kambing.

Untuk mendukung pendapat ini, ada juga dalilnya. Dalil yang membela penapat ini ada pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang memiliki arti ‘Siapa yang mandi seperti mandi janabah pada hari Jum;at, kemudian ia berangkat ke masjid, maka ia seumpama berqurban dengan seekor unta.

Dan siapa yang berangkat pada waktu yang kedua, maka ia seolah berqurban dengan seekor sapi, siapa yang berangkat di jam ketiga, maka ia layaknya berqurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Dari hadis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga imam besar umat Islam tersebut berpendapat bahwa unta lebih baik dari sapi dan kambing.

Mengapa hal ini terjadi? Sebab, menurut mereka bila kambing adalah yang paling baik, tak mungkin Rasullullah berkata demikian. Tak mungkin beliau mendahulukan unta dibanding sapi dan kambing. Hadis yang meriwayatkan hewan qurban terbaik ini bisa Anda temukan dengan mudah di banyak tempat. Bila tak yakin, bisa tanya ke yang lebih paham.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan mana yang lebih baik, qurban unta, sapi atau kambing? Memang, ada perbedaan di antara beberapa madzhab yang dianut umat muslim di dunia. Namun, sebenarnya semua kembali ke diri masing-masing. Mana yang lebih sanggup Anda kerjakan. Paling penting, Anda melakukannya dengan ikhlas sehingga qurban jadi sah.

Leave a Comment